Aplikasi Sosial Media Populer Di Luar Negeri Tapi Tidak Di Indonesia

Aplikasi Sosial Media Populer Di Luar Negeri Tapi Tidak Di Indonesia
Source: Freepik

Aplikasi Sosial Media Populer Di Luar Negeri Tapi Tidak Di Indonesia – Sosial media adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan orang lain secara online. Aplikasi sosial media populer di luar negeri seperti Instagram dan Snapchat telah mendapatkan banyak peminat di Indonesia, namun ada juga aplikasi sosial media asing yang tidak begitu dikenal di negara ini. Dalam artikel ini, kami akan mengulas beberapa aplikasi sosial media populer di luar negeri yang tidak begitu dikenal di Indonesia.

Sosial media telah mengubah cara kita berkomunikasi, dan aplikasi sosial media telah mendominasi pasar dengan berbagai macam fungsi yang ditawarkan. Meskipun ada beberapa aplikasi sosial media populer di luar negeri, seperti Snapchat dan WeChat, namun tidak ada yang benar-benar mempopulerkan di Indonesia. Ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa penggunaan aplikasi sosial media di Indonesia masih relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara lain.

Aplikasi Sosial Media Populer Di Luar Negeri

Aplikasi sosial media yang populer di luar negeri mungkin tidak begitu familiar di Indonesia. Hal ini dikarenakan banyak aplikasi sosial media di Indonesia masih belum mendapatkan tempat di hati pengguna. Sebenarnya ada beberapa aplikasi sosial media populer di luar negeri yang seharusnya juga populer di Indonesia.

Berikut adalah daftar 5 aplikasi sosial media populer di luar negeri:

1. WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi chatting dan panggilan video gratis yang tersedia untuk berbagai platform seperti Android, iOS, Windows Phone, dan desktop. WhatsApp memiliki ratusan juta pengguna di seluruh dunia dan telah menjadi salah satu aplikasi chatting terpopuler di dunia. WhatsApp telah mendapatkan popularitas karena fitur-fiturnya yang unik seperti kemampuan untuk mengirim pesan tanpa batas, panggilan video gratis, dan enkripsi data pengguna.

2. Instagram
Aplikasi sosial media yang populer di luar negeri seperti Facebook, Twitter, dan Instagram tidak sepopuler di Indonesia. Hal ini mungkin karena Indonesia memiliki aplikasi sosial media sendiri yang lebih cocok untuk kebutuhan pengguna di negara ini. Aplikasi sosial media populer di Indonesia adalah WhatsApp, Line, dan BBM.

Aplikasi sosial media populer di luar negeri biasanya tidak bisa digunakan di Indonesia. Hal ini terjadi karena aplikasi sosial media yang populer di luar negeri belum support untuk Bahasa Indonesia. Untuk saat ini, aplikasi sosial media populer di luar negeri adalah:

1. Snapchat
2. Instagram
3. Facebook
4. Twitter
5. LinkedIn

Aplikasi Sosial Media Populer Di Luar Negeri Tapi Tidak Di Indonesia
Source: Freepik

Mengapa Aplikasi Sosial Media Populer Di Luar Negeri Tidak Juga Populer Di Indonesia?

Aplikasi sosial media populer di luar negeri tidak juga populer di Indonesia karena adanya perbedaan budaya. Sosial media di luar negeri lebih terbuka dan menyediakan fitur yang beragam sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengguna dengan berbagai latar belakang. Sementara itu, aplikasi sosial media di Indonesia cenderung membatasi pengguna dalam melakukan interaksi dengan orang lain. Hal ini dikarenakan adanya konsep sosialmedia yang masih hangat di Indonesia, sehingga banyak yang belum menerima ide tersebut.

Aplikasi sosial media populer di luar negeri seperti Facebook dan Twitter tidak juga populer di Indonesia. Hal ini disebabkan beberapa faktor, seperti ketersediaan internet, kebudayaan masyarakat, dan persepsi negatif terhadap aplikasi sosial media.

Internet di Indonesia memang masih belum begitu luas, sehingga hanya sebagian kecil dari total penduduk yang bisa mengakses aplikasi sosial media. Selain itu, ada beberapa budaya masyarakat di Indonesia yang masih menganggap aplikasi sosial media sebagai hal yang tabu. Tidak jarang pula aplikasi sosial media digunakan untuk melakukan hal-hal negatif seperti penyebaran hoax atau fitnah.

Apa Yang Menyebabkan Aplikasi Sosial Media Populer Di Luar Negeri Tidak Juga Populer Di Indonesia?

Aplikasi sosial media populer di luar negeri seperti Facebook dan Twitter tidak sepopuler di Indonesia. Ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

1. Keadaan politik dan budaya di Indonesia berbeda dengan negara-negara Barat, sehingga aplikasi sosial media yang populer di sana tidak necessarily cocok untuk digunakan di sini.

2. Bahasa Inggris adalah bahasa resmi aplikasi-aplikasi tersebut, sehingga penggunaan aplikasi ini dibatasi hanya untuk mereka yang menguasai bahasa Inggris dengan baik.

3. Akses internet di Indonesia masih relatif mahal jika dibandingkan dengan negara-negara lain, sehingga sebagian besar orang Indonesia masih belum memiliki akses ke aplikasi-aplikasi tersebut.

Selain dari penyebaran informasi, aplikasi sosial media juga menyediakan hiburan yang dapat membuat orang tertarik untuk menggunakannya. Misalnya, aplikasi TikTok yang mendapatkan popularitas di luar negeri karena para pengguna dapat berbagi video pendek yang lucu dan menarik. Aplikasi seperti ini tidak begitu populer di Indonesia, mungkin karena belum adanya aplikasi serupa yang menawarkan opsi hiburan seperti itu.